Saturday 15 March 2014

Warna-Warni

Setiap orang pasti punya mimpi untuk mengunjungi suatu tempat. Kalau saya, ingin sekali ke negeri Taj Mahal. Ini bukan karena saya ingin bertemu dengan SRK karena saya bukan penggemarnya. Kenapa India? Kenapa tidak kota-kota indah di Eropa? Kalau dilihat-lihat, India memang kumuh, sumpek, polusi suara, dan berantakan. Tambah lagi tingkat kriminalitas yang tinggi dan watak masyarakatnya yang kasar. Tapi, saya meyakini segala sesuatu memiliki sisi positif dan negatifnya (kecuali ilmu hitam). Di sisi lain, India adalah negara dengan daratan luas yang terbelah menjadi bagian utara dan selatan. Punya banyak bahasa dan ragam budaya. Pemandangannya juga indah persis seperti Indonesia. Mungkin yang beda adalah bahwa India merupakan peradabaan tertua lagi masyhur seperti halnya China, Arab, atau Persia. 

Sebagai penyuka bahasa, saya tertarik dengan bahasa Hindi karena beberapa kosa kata yang mirip dengan kosa kata bahasa Arab. Contoh saja arti dari kata 'senapan'. Dalam bahasa Arab senapan adalah bunduuq, sedangkan dalam bahasa Hindi menjadi Banduq. Contoh lain kata 'intidzar' yang berarti menunggu. Dalam bahasa Hindi kata tersebut menjadi Intezar. Dan banyak sekali contoh yang lainnya. Begitu pula dengan kesusastraannya yang terpengaruh dengan kesusastraan Arab seperti yang Haywood jelaskan di dalam bukunya Modern Arabic Literature.


Tapi yang bikin saya teratrik lagi adalah warna-warni festival atau perayaan di India. Saya suka sekali dengan warna-warni. Rasanya ceria, ramai, dan elegan. Penuh warna dan penuh cahaya yang berwarna-warni pula. Nyanyiannya sangat merdu. Musiknya bisa menyayat hati namun kadang membangkitkan semangat. Tariannya indah dan tentu saja warna-warni. Begitu pula dengan kostumnya yang warna-warni dan bagus. Saya suka dengan warna-warni. Karena warna-warni itu seperti hidup kita. Penuh warna. Kadang biru, kadang kuning, kadang merah muda, kadang putih, kadang hitam, kadang merah, dan malah kadang abu-abu.

Sekian,,,

0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang