Tuesday 24 May 2011

Segala Sesuatu di Dunia ini Memiliki Kelebihan dan Kekurangan

Ketika aku rebahkan tubuhku di atas kasur dan kedua mataku menatap ke langit-langit kamar mungilku, tiba-tiba pikiranku melayang-layang dan memori lamaku, tentang peristiwa-peristiwa lampau yang kulalui, menari-nari mengelilingi kepalaku.

Tiba-tiba, aku teringat akan sebuah tempat. Sebuah tempat yang sangat nyaman untuk aku berlindung dari kejamnya dunia. Sebuah tempat yang telah mengenalkanku dan mengajariku Bahasa Arab serta ilmu agama. Sebuah tempat yang mengajariku hidup mandiri dan tak mengandalkan orang tua. Sebuah tempat yang mengajari aku tentang ketulusan persahabatan. Sebuah tempat yang mengajarkanku tentang arti disiplin, hidup tegar, dan lain sebagainya. Yang penting, tempat itu adalah tempat belajar tentang ilmu hidup. aku mencintai tempat itu, teramat mencintai malah. Akan tetapi di tempat itu, aku menemukan sebuah kesombongan dan cara berpikir yang aneh. Yah... wajar sajalah karena segala sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Akhirnya suatu hari sang nasib menghembusku ke suatu tempat berbeda. Suatu tempat yang mengajariku bagaimana kejamnya dunia nyata. Suatu tempat yang mengajariku berinteraksi dan berelasi lebih luas. Suatu tempat yang mengajari ilmu pengetahuan yang canggih dan tidak aku temukan di tempat semulaku. Suatu tempat dimana aku diajarkan menjadi pribadi yang lebih, baik, matang, dan selalu berpikir panjang serta jauh ke depan. Suatu tempat yang mengajariku bagaimana cara meghargai dan menghormati keputusan orang lain. Aku juga sangat mencintai tempat itu sebagaimana aku mencintai tempat semulaku. Akan tetapi di tempat itu, aku menemukan ketidakdisiplinan dan kesewenangan. Yah... wajar (juga) karena segala sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangan.


Hanya saja, jangan sampai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, menimbulkan sebuah perselisihan, dengki, dan iri tapi jadikanlah kelebihan dan kekurangan itu sebagai pelengkap di antara satu dengan yang lain....


*Dan kedua tempat itu adalah Gontor dan UGM...


0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang