Saturday 21 May 2011

Nizar Qabbani dan Kadim el-Saher

Sepertinya waktu enggan memperlambat langkahnya sehingga tak terasa aku ternyata sudah berada di semester akhir dan yang harus aku kerjakan di sisa semester ini pastilah mempersiapkan SKRIPSI. Berhubung tugas mata kuliah Kajian Sastra Arab adalah membuat proposal skripsi dalam bidang sastra, maka aku pun mencari-cari dan memilah-milih calon objek material dan juga objek formal untuk SKRIPSI kelak. Sebenarnya sih untuk saat ini, aku masih lebih tertarik ke bidang linguistik tapi tak apalah ya... hehe


Ok... dalam tugas akhir yakni proposal skripsi, aku mau mengambil sebuah puisi Nizar Qabbani yang berjudul Asyhadu 'An La Imra'atan Illa Anti. Berhubung setelah aku baca dan aku terjemahkan, aku berkesimpulan bahwa puisi ini adalah puisi cinta jadi....(sesuai kata dosen bahwa puisi cinta sangat susah untuk dianalis dengan Semiotik) rencananya aku mau menganalisis puisi ini dengan analisis Struktural atau analisis Norma Roman Ingarden.


Ketika aku memberikan sang objek penelitian ini pada dosen pengampu mata kuliah Kajian Sastra Arab tersebut, beliau berkata bahwa puisi ini dinyanyikan. Kata-kata dosen itu, terngiang-ngiang di benakku dan aku sangat penasaran. Masa sih puisi ini bisa dinyanyikan? bagus gak ya?
Ini dia puisi tersebut:


أشهد أن لا امرأة

أتقنت اللعبة إلا أنت

واحتملت حماقتي

عشرة أعوام كما احتملت

واصطبرت على جنوني مثلما صبرت

وقلمت أظافري

ورتبت دفاتري

وأدخلتني روضة الأطفال

إلا أنت ..

2

أشهد أن لا امرأة ً

تشبهني كصورة زيتية

في الفكر والسلوك إلا أنت

والعقل والجنون إلا أنت

والملل السريع

والتعلق السريع

إلا أنت ..

أشهد أن لا امرأة ً

قد أخذت من اهتمامي

نصف ما أخذت

واستعمرتني مثلما فعلت

وحررتني مثلما فعلت

3

أشهد أن لا امرأة ً

تعاملت معي كطفل عمره شهران

إلا أنت ..

وقدمت لي لبن العصفور

والأزهار والألعاب

إلا أنت ..

أشهد أن لا امرأة ً

كانت معي كريمة كالبحر

راقية كالشعر

ودللتني مثلما فعلت

وأفسدتني مثلما فعلت

أشهد أن لا امرأة

قد جعلت طفولتي

تمتد للخمسين .. إلا أنت

4

أشهد أن لا امرأة ً

تقدرأن تقول إنها النساء .. إلا أنت

وإن في سرتها

مركز هذا الكون

أشهد أن لا امرأة ً

تتبعها الأشجار عندما تسير

إلا أنت ..

ويشرب الحمام من مياه جسمها الثلجي

إلا أنت ..

وتأكل الخراف من حشيش إبطها الصيفي

إلا أنت

أشهد أن لا امرأة ً

إختصرت بكلمتين قصة الأنوثة

وحرضت رجولتي علي

إلا أنت ..

5

أشهد أن لا امرأة ً

توقف الزمان عند نهدها الأيمن

إلا أنت ..

وقامت الثورات من سفوح نهدها الأيسر

إلا أنت ..

أشهد أن لا امرأة ً

قد غيرت شرائع العالم إلا أنت

وغيرت

خريطة الحلال والحرام

إلا أنت

Akhirnya dengan semangat 45, aku browsing dan mencari-cari... so akhirnya ketemu deh!!! Dan yang menyanyikan lirik puisi itu bernama Kadim el-Saher








Ternyata bagus banget puisi Nizar itu dinyanyikan!!! hehehehehee...keren. Ketika aku lihat list lagu-lagunya yang lain, ternyata ada puisi Nizar lain yang dinyanyikan juga oleh Kadim dan usut punya usut, ternyata Nizar Qabbani adalah orang yang menulis lagu-lagu Kazim el-Shaher. Kira-kira ada 30 judul yang liriknya diciptakan oleh Nizar Qabbani, termasuk juga beberapa puisinya.

Hmmm... Pantesan aja yak kalo beberapa lagunya Kadim el-Shaher itu dari puisi Nizar Qabbani dan pantesan aja ada beberapa lagu dimana mereka berduet. Hehehehehehe....

Okehh... Mungkin segini dulu berbagi ceritanya untuk hari ini. Semangat!!! Semangat!!!








7 komentar:

  1. suka bangett sama kazem al saher.. :) <3

    ReplyDelete
  2. akhirnya ini lanjut menjadi bahan skripsi mba?.
    dan apakah yang anda bahas lagu kazem al saher yg diciptakan oleh nizar q saja?.
    trims

    ReplyDelete
  3. lanjut dan sudah selesai. Hanya puisi ini saja kok

    ReplyDelete
  4. bisa di posting arti dri syair asyhadu an laa imroatan nya nizar qabbani ga mbak? Thx before ya :)

    ReplyDelete
  5. lihat di sini aja http://digilib.fib.ugm.ac.id/book/detail/7406
    mulai dari halaman 40... maaf kalo ada yang kurang. Masih amatir soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok tak bukak udah gabisa ya mbak itu skripsinya, huhuhu

      Delete

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang