Saturday 7 May 2011

Kelinci dan Kura-kura


Pagi ini bermalas-malasan di atas kasur sambil menerawang jauh ke alam imajinasiku dan tiba-tiba entah kenapa, pikiranku terbang ke sebuah fabel dunia yang cukup terkenal tentang kelinci dan kura-kura. Kelinci digambarkan sebagai sosok yang sombong karena larinya cepat (huff...sebenernya rada gak setuju dengan penokohan kelinci karena saya pecinta kelinci haha) sedangkan kura-kura digambarkan sebagai sosok yang rendah hati, optimis, dan gigih.

Singkat cerita, mereka berdua sepakat untuk bertanding dalam kecepatan berlari. Si kelinci yang sombong meremehkan kemampuan kura-kura yang dikenal dengan sebutan binatang yang lamban dan tak bisa berlari.


Si kelinci berlari dengan cepat meninggalkan si kura-kura di belakangnya. Ketika kelinci menoleh ke belakang, dia belum melihat kura-kura dan dia berpikir bahwa kura-kura masih jauh tertinggal di belakangnya. Akhirnya si kelinci tidur di bawah sebuah pohon rindang. Dia tertidur pulas dan ketika terbangun, dia sadar bahwa kura-kura yang terkenal lamban itu sudah mencapai garis finish. Rabbit is a looser and turttle is a win!!!


Kalau tak dipikir secara dalam fabel ini hanyalah fabel biasa atau dongeng anak-anak sebelum tidur. Kita, sebagai orang dewasa, terkadang menganggap remeh fabel atau dongeng-dongeng anak-anak salah satunya tentang kelinci dan kura-kura ini. Akan tetapi, jika kita telaah lebih dalam, fabel ini mengandung makna yang cukup besar bagi kita semua. Bukan untuk anak-anak saja tetapi untuk kita yang sudah dewasa ini. Fabel ini mengajarkan kita beberapa materi atau mata pelajaran hidup yakni rendah hati, kegigihan dan percaya diri.


Jika kita mempunyai kemampuan lebih, maka kita sebaiknyalah kita menggunakannya dengan sebijak mungkin dan tetap rendah hati pada orang lain serta jangan segan untuk berbagi kemampuan yang kita miliki apabila kemampuan itu bisa dibagi seperti kemampuan berbahasa asing, matematika, dan lain sebagainya. Jangan seperti tokoh kelinci yang sombong.

Jika kemampuan kita tak sebaik kemampuan orang lain tapi kita ingin memiliki kemampuan yang sama dengan mereka, maka kita harus percaya bahwa kita bisa dan selalu gigih untuk belajar, belajar, dan belajar serta jangan mudah meyerah seperti tokoh kura-kura.

Maka, mari tetap bersemangat, percaya diri, optimis, dan gigih untuk mengarungi samudra kehidupan yang ganas ini. Semangat!! Semangat!!

0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang