Tuesday 3 April 2012

Sebuah Refleksi

Refleksi ini diambil saat saya ikut Festival UKM Nasional 2012. Saat itu, walaupun dalam keadaan ngantuk berat, saya masih bisa mendengar Om Bob Sadino berkata,"'Ngapain sekolah? Sekolah itu buat bodoh karena sekolah mengajarkan seseorang untuk berharap 'mau jadi apa' nanti ketika sudah dewasa".

Menurut saya, kalimat di atas tidak salah dan tidak benar. Belajar dan menuntut ilmu adalah sebuah investasi yang sangat berharga untuk kehidupan kita. Namun, ada benarnya apa yang dikatakan Om Bob bahwa sekolah mengajarkan berharap "mau jadi apa nanti". Kalimat ini sederhana, sesederhana kita menuliskannya. Namun kalimat tersebut sangat berpengaruh pada pola pikir masyarakat kita sampai saat ini, termasuk juga saya sebelum merefleksikan kata-kata Om Bob.

Dari kecil, kita sudah ditanamkan mau jadi apa kita saat dewasa. Hal ini membuat kita terlalu terpaku sehingga saat kita dewasa pola pikir kita akan terbentuk seperti ini: "Kalau gue masuk fakultas ekonomi, nanti pasti gue jadi jadi akuntan, ato kalo gue masuk fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, nanti gue jadi diplomat, dsb. Terkadang juga pola pikir yang terbentuk: tujuan gue sekolah adalah untuk mendapatkan pekerjaan. Dan lebih parahnya, ada yang berpikir: ngapain sekolah dan menuntut ilmu tinggi-tinggi, toh nanti kerjaan saya hanya ngangon kambing.

Sebagai generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa dan melahirkan generasi penerus, ayo sedikit demi sedkit kita rubah pola pikir dan niat kita. Niatkanlah sekolah untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya karena ilmu adalah cahaya Illahi dan investasi terbesar untuk kehidupan dunia maupun akhirat. Hilangkanlah pola pikir yang menyatakan bahwa tujuan sekolah untuk mendapatkan pekerjaan.

Intinya... jika kita kelak ingin menjadi petani, jadilah petani yang pintar. Jika kelak kita menjadi, nelayan, jadilah nelayan yang cerdas. Jika kita menjadi pedagang, jadilah pedagang yang jujur. Jadi apapun kita kelak, jadilah seseorang yang mempunyai ilmu luas.


0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang