Thursday 7 April 2011

Estudiamos la lengua de Español




Sebuah pepatah Arab mengatakan bahwa kehancuran akan datang bagi orang yang tidak mengetahui kemampuan dirinya. Oleh karena saya tidak ingin hancur, maka saya mengenali diri saya, baik dari segi kemampuan, kelemahan, minat, sifat-sifat dan lain sebagainya.
Menurut saya, salah satu minat saya adalah bahasa. Entah kenapa, bahasa selalu bisa membuat saya berdebar-debar tak karuan hmmm... tampaknya saya jatuh cinta pada bahasa.
Selain bahasa Arab dan tentunya bahasa Inggris, kini saya sedang mempelajari dua bahasa lain yaitu bahasa Prancis dan Spanyol. Kedua-duanya adalah bahasa yang digunakan oleh penduduk di benua Eropa, sebuah benua yang sangat ingin saya kunjungi.
Setiap bahasa memiliki masing-masing keunikan. Bahasa Indonesia unik dengan kekonsistenan verbanya yang tidak berubah karena waktu. Bahasa Inggris unik karena memiliki anomatopea yang diambil dari kosa katanya. Bahasa Arab unik dengan fungsi verba yang bisa berubah-ubah. Nah dua bahasa yang baru saya pelajari ini, yaitu bahasa Spanyol dan Prancis, juga punya keunikan yang lain. Bahasa Prancis dan Spanyol memiliki aksen yang unik dan menanatang buat saya. Kalau bahasa Prancis terkenal dengan bunyi sengaunya yang indah dan yang membuat saya jatuh hati pada bahasa Spanyol adalah pelafalan huruf ” R”nya yang sangat jelas. Amazing!!!
Berhubung saya sedang semangat-semangatnya memepelajari dua bahasa baru tersebut, maka saya akan berbagi sedikit pengetahuan dengan teman-teman tentang bahasa tersebut. Akan tetapi, pada tulisan ini saya akan membagi pengetahuan saya tentang tata bahasa Spanyol saja kerana menurut saya, tata bahasa Spanyol tak terlalu berbeda dengan bahasa Prancis. Selain itu, bahasa Spanyol lebih mudah pelafalannya dan insya Allah lebih mudah menghafalkan fonetiknya. So... mari kita berbagi ilmu yang kita miliki...”Balliguu ’Annii walau aayyah”
ALFABETO (ABJAD)
A: A Amiga
B: B Bueno
C: Tse Cena Casa (kasa)
Ch:Ceh Coche
D: Dedo (di pangkal lidah)
E: E Espangol
F: Effe Fuego
G: G atau kh
H: Ache (tidak dibaca)
I: I
J: Khota Trabajar dibaca trabakhar
K: K Kilo
L: Elle Luego
LL: Je Llamarse dibaca jamarse
M: Emme Mucho
N: Enne Noche
Ñ: ny España
O: O
P: P Paella
Q: Que
R: Erre Rosa
S: Esse Silla
T: Te
U: Uno
V: Ube Vivir
W: Ube double
X: Equis
Y: I Yate dibaca Jate
Z: Tse, Sa Zapatto


SALUDOS Y PRESENTASIONES
(Sapaan dan Perkenalan)
¡Hola! ¿Cómo te llamas?= ola, komo te jamas: hai, siapa namamu?
Me llamo Fernando. ¿Y tu?= Mi Jamo Fernando. I tu: Namaku Fernando dan kamu?
Yo me llamo Carlos= Jo mi jamo Carlos
Buenos Diaz: Selamat Pagi
Buenos Tardez: Selamat sore sampai menjelang waktu tidur
Buenos Noches: Selamat Tidur
¿Cómo está?= Komoesta: Apa kabar?
¿C’Quetal?= Ketal: Apa kabar?
Jawabannya:
Bien/ Muy bien/ Asi Asi
Perdón: Maaf
Hasta Huego, Adiós: Selamat tinggal
Hasta mañana: Sampai Jumpa
Encantada/o: Nice to meet you


Sumber:
Curso De Español Para Extrajeros nuevo inicial 1
Dosen bahasa Spanyol saya, Sra. Maria Vanessa


Mohon maaf apabila ada kesalahan karena penulis juga masih belajar ^^v sampai jumpa dalam pelajaran selanjutnya.
Hasta Huego!!!

0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang