Friday 31 January 2014

100 years

Saya juga tidak tahu 'setan' apa yang merasuki saya hingga saya tertarik sekali dengan India. Entah itu dari bahasa, budaya, festival, tarian, nyanyian, dan tentu saja perfilmannya, bahkan para aktor dan aktrisnya. Awalnya sih, saya 'biasa' saja dengan dengan perfilman India hingga sekitar semester empat saat saya menonton film 3 Idiots. 

Pertama saya terkaget. Wah! Ternyata ada juga film India yang nggak mewek. Setelah nonton film tersebut, akhirnya saya sering browsing info sekitar perfilman negeri Gangga itu. Dan mulailah saya banyak mengonsumsinya. Dari cerita yang serius tentang kritik sosial, macam film Rann, Rajneeti, Rang De Basanti, No One Killed Jessica, Taare Zameen Par, dan English Vinglish (panjang banget kalau disebutkan satu persatu) hingga film komedi romantis ringan macam Love Aaj Kal, Chennai Express, Pyaar Impossible, Thoda Pyaar Thoda Magic, Salam Namaste, dan Namaste London. Tak ketinggalan juga film action India macam Dhoom, Don, dan Race. atau bahkan film yang bikin sedih dan nyesek minta ampun macam Ghajini (ini film favorit saya) dan Kabhi Alvida Na Kehna.

Awalnya aneh sekali nonoton film India karena kebanyakan lagu. Aneh juga kalau film action tetap dikasih lagu. Tapi, yang namanya film India gak pake nyanyi dan nari ya sama dengan sayur tanpa garam. Biasanya, kalau sudah masuk sesi nyanyian dan tarian, saya akan langsung mempercepatnya, tapi lama kelamaan saya menyukai lagu-lagu tersebut. Musiknya bagus. Tariannya enerjik dan unik, dan settingnya indah banget (Yah walaupun aslinya, India itu tidak seperti India dalam film). Kesukaan ini, akhirnya berlarut pada suka pada aktor dan aktrisnya. Kalau sudah ngerumpi soal film India dengan Monik bakalan kayak ABG labil yang sedang kena sindrom K-Pop dan aktor 'cantik' Korea. Bedanya, mereka suka K-Pop, kami suka I-Pop (maksa dikit). Mereka 'becek ngiler-ngiler' lihat video Lee Min Hoo, Park Sum Bing, dan entah siapalah itu, sedangkan kami juga ngiler sambil teriak 'mencicit' histeris lihat video Aamir Khan nyanyi dengan gaya cool-nya. Hohoho... Anyway... Selamat ulang tahun ke-100 buat perfilman Bollywood walau telat banget ngucapinnya. 



0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang