Saturday 23 July 2011

Cerita Dari Bantaran Code Part 4




"Kamu KKN di Terban? KKN apaan tuh?" Begitulah komantar orang-orang yang kaget setengah mati gara-gara mendengar tempat KKN yang kupilih. Well... Kuping ini berasa merah dan panas mendengar komentar-komentar mereka. Tapi biarin aja... ini bukan masalah posisi, tapi kontribusi (kutipan dari tumblrnya Intan, temen KKN). Memilih tempat KKN di Terban bukanlah perkara mudah yang tinggal registrasi dan klik lokasi: Terban, tapi memilih KKN di Terban adalah perkara yang sulit kayak lagi sembelit karena dengerin komentar-komentar pedas orang-orang yang membuat perut mulas itu.

Sebel sih... Tapi hanya satu yang aku pikirkan dan pikiran ini menjadi peganganku di kala rapuh karena komentar-komentar aneh itu; Pertama, aku gak punya biaya banyak untuk KKN ke luar daerah karena aku harus nabung buat beli tiket pesawat ke Padang (You Know so well-lah berapa harga tiketnya. Yang jelas harganya bisa buat beli kacang rebus dua truk puso). Kedua, kebanyakan temen-temen yang lagi KKN berpikir bahwa KKN itu selain untuk syarat hengkang dari UGM, juga buat ajang jalan-jalan keliling Indonesia. Kata mereka, "Kapan lagi keluar dari Pulau Jawa dan meniginjakkan kaki ke daerah lain di Indonesia." Buatku kesempatan jalan-jalan keliling pelosok Indonesia, bahkan pelosok dunia sekalipun, masih terbentang luas, lebar, dan panjang banget. Jadi don't worry be happy aja deh! Gak usah dirisaukan dan dipaksakan agar kita bisa seperti mereka yang telah menjelajah setiap jengkal nusantara atau menjelajah di setiap sudut negara-negara Eropa. Di lain waktu, kesempatan itu masih ada, asal kita mau berusaha. Hehehe....

Oh iya... beberapa minggu yang lalu, ada acara besar di tempat aku KKN. dan inilah yang menjadi pegangan ketigaku; aku anak perantauan yang belum terlalu mengenal tempat perantauanku, yaitu Yogyakarta. Dan, menurutku, dengan KKN inilah aku bisa tahu tradisi masyarakat Yogya, khususnya masyarakat di bantaran kali X Code (baca: Kali Code). Dan tersebutlah nama acara megah itu adalah Merti Code. Katanya sih itu semacam ritual membersihkan Kali Code gitu deh. Dengan mengambil air dari tujuh mata air dan di arak sekitar kali tersebut so air itu akan diperebutkan. Oh ya selain air, juga ada gunungan yang terdiri dari sayuran yang akan diperebutkan juga.

Kendi yang berisi air dari tujuh mata air



Salah satu isi kendi sedang dituangkan dan siap diarak

Gunungan sayuran yang akan diperebutkan

Rombongan KKN unit 132 yang ikut memeriahkan


Siap-siap rebutan

0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang