Thursday 12 February 2015

My Baby Part Two

Apakah ini normal?
Tadi malam tiba-tiba saja saya bermimpi tentang penelitian yang akan saya angkat untuk calon My Baby alias Thesis saya. Rasa-rasanya tadi malam saya bak Robert Langdon yang sedang menyambungkan satu demi satu persatu peristiwa untuk mendapatkan benang merahnya. Mungkin ini akibat baru dapat pencerahan dari seorang dosen yang sering dan tentunya asyik untuk diajak berdiskusi tentang penelitian sastra (nama dosen disamarkan hehe). 

Yap. Kemaren beliau memberikan masukan buat saya. Tulisan saya nanti, tidak hanya sekedar memaparkan sejarah tentang pergerakan mahasiswa di dalam novel, tetapi lebih pada apa yang menyebabkan pergerakan mahasiswa atau revolusi itu terjadi. Saya akan mencoba menguraikan vision du monde (celiee pakai bahasa aneh-aneh) alias pandangan dunia si pengarang, yang berkedudukan sebagai anggota dalam sebuah masyarakat, tentang pergerakan mahasiswa pada masanya. Singkat kata, ini dinamakan Teori Srukturalisme Genetik-nya Lucian Golmann. Tapi, saya tidak menggunakan fakta sejarah, saya akan masuk melalui ilmu politik. Jika hanya memaparkan kesamaan antara fakta sejrah dan fakta di dalam novel sudah biasa (kata beliau). Makannya, saya diminta untuk melihat sisi lain dari pergerakan mahasiswa tersebut dan salah satunya ya adalah masalah pemicu pergerakan tersebut (ok! Saya anggap ini challenge lagi). Hayyah... menerangkan ini saja sudah belibet. Mungkin karena memang belum masuk kelas Metode Penelitian Sastra deh ya.  

Kadang saya mikir kalau saya ini orangnya terlalu serius mikirin pendidikan sampe-sampe kebawa mimpi. Padahal kan ini masih awal (bahkan belum masuk kelas) semester dua. Belum waktunya nyusun Thesis ataupun ngambil mata kuliah Seminar Proposal. Masih awal-awal semester dan masih waktu untuk hura-hura. Hadeuh. Tapi biarlah... I don't care what they say. Hahaha. Yang terpenting, saya menikmati dan enjoy banget dengan proses ini. Apalagi duduk sebelah orang-orang yang lagi sibuk ngerjain thesis. Hehehehe.


0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang