Saturday 23 March 2013

Mengapa?

Mengapa bundaku tak seperti bunda temanku yang tidak pernah marah?
Karena bundamu menginginkanmu memiliki mental yang kuat agar kau tak cepat tumbang saat badai kehidupan menghantammu satu saat nanti.

Mengapa bundaku tak seperti bunda temanku yang selalu memberi uang jajan lebih banyak?
Karena bundamu ingin kau tumbuh menjadi manusia kreatif yang dapat berpikir bagaimana menjalani lika-liku kehidupan ini yang terkadang penuh suka, namun juga sarat akan duka.

Mengapa bundaku tidak seperti bunda temanku yang selalu memanjakan anak-anaknya?
Karena bundamu ingin kau menjadi seseorang yang mandiri dan dapat tegar dalam menjalani kehidupan ini. Karena bunda sadar bahwa kau tak mungkin akan selalu hidup bersamanya. Satu saat, cepat atau lambat, masa itu akan datang. Masa dimana kau tidak lagi bersama dengan kedua orangtuamu. Masa dimana kau akan menghadapi kehidupan nyatamu.

Mengapa ayah tidak seperti ayah temanku yang penuh canda dan tawa?
Karena dalam diamnya ia terus menerus berdoa untukmu tanpa henti. Dalam diamnya, ia tak putus-putusnya memikirkanmu. Dalam diamnya, ia menyembunyikan rasa sedih karena suatu saat kau akan pergi meninggalkannya. Kau bisa bayangkan bukan betapa sedihnya ayah saat bibir tuanya mengucapkan kalimat ijab kabul dan tangan keriputnya memegang erat tangan calon imammu yang akan menggantikan posisi dirinya?

Jangan pernah membandingkan mereka dengan yang lain. Merekalah yang terbaik. Merekalah dua malaikat yang dikirim Tuhan untuk merawatmu, mengajarimu, dan tentu saja melindungimu sampai kau benar-benar mampu menapakkan kaki di jalan kehidupan yang seseungguhnya. Mereka punya cara masing-masing untuk mengajarimu mata pelajaran Dasar-Dasar Ilmu Kehidupan. Jika terbersit untuk membandingkan mereka dengan yang lain, ingatlah bahwa begitulah cara mereka mengajarimu dan mendidikmu untuk menjadi manusia yang tangguh, kreatif, mandiri, selalu bersyukur, dan berbakti kepada mereka.

2 komentar:

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang