Friday 25 April 2014

Kegemaran Lama

Apa kabar?
Penghujung April telah datang. Entah kenapa April membuat saya malas menulis sesuatu di blog. Mungkin karena saya sedang tersihir oleh kegemaran saya saat SD dulu. Saat kecil dulu, saya sangat suka dengan bahasa asing. Nah, berhubung dulu saya cuma mendengar lagu-lagu Backstreet Boys, Westlife, Aaron Carter, Phill Collin, The Moffats dan beberapa lagu berbahasa Inggris, maka saya tertarik dengan bahasa ini. Diam-diam, sebelum tidur saya senang membaca buku percakapan sehari-hari bahasa Inggris punya orang tua saya. Lama kelamaan, saya suka penasaran sama arti bahasa tersebut, apalagi arti lirik lagu-lagu yang saya dengar. Akhirnya, saya sering pinjam sampul kaset punya teman dan mencatat lirik beberapa lagu. Iseng-iseng, saya mengambil kamus Inggris-Indonesianya John Echols dan Hassan Shadily lalu mulailah menerjemahkan tanpa teori terjemahan yang baik dan tepat tentunya. Yang penting saya mengerti lirik-lirik lagu tersebut. Itu yang saya pikirkan.

Kini, kegemaran itu kembali meracuni saya lagi rupanya. Hanya saja bukan lirik lagu berbahasa Inggris, melainkan puisi-puisi Nizar Qabbaniy yang tentu saja berbahasa Arab. Hampir tiap hari saya 'menyepi' membolak-balikkan lembaran kamus dan Diwan Nizar Qabbaniy yang tebalnya sangat aduhai. Walau berat harus meneteng tiap hari, tapi saya merasa senang jika menemukan satu kata yang jarang saya dengar. Semakin menerjemahkan beberapa karya Qabbaniy, semakin saya mengenalinya. Rasa-rasanya, saya terbawa kesedihannya saat saya membaca ar-Rasmu bil Kaalimaat saat ia menceritakan sisa-sisa kejayaan Arab di Spanyol macam tarian Flamenco yang lebih dikenal berasal dari Spanyol ketimbang dari Arab. Dalam antologi puisinya yang lain, saya menemukan sebuah puisi berjudul Lolita. Puisi ini, entah kenapa, saya rasa berhubungan dengan karya maha karya Vladimir Nobokov dengan judul yang sama, yaitu Lolita. Jadi, kali ini saya tampaknya sedang PDKT (lagi) dengan Qabbaniy melalui karya-karyanya. Semoga saya masih diberi kesempatan menulis tesis yang mengangkat karyanya lagi. (amiin)
Salam...


0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang