Friday 3 May 2013

Suitable

Alunan instrumen yang lembut menyeruak halus ke seantaro ruangan perpustakaan. Pagi itu, perpustakaan tampak masih sepi dan tentu saja hening. Di salah satu pojok perpustakaan, Zya duduk sambil menatap jendela transparan dan layar laptopnya bergantian sambil menunggu kedatangan Rye. Cangkir vanila latte di sebelahnya tampak telah setengah kosong, namun Rye belum memperlihatkan batang hidungnya. Zya menghela napasnya panjang menahan emosi.

Tiba-tiba, dari arah yang berlawanan, seorang gadis berambut hitam ikal sebahu menuju ke arahnya. Itu Rye. Zya sudah bisa menebaknya. Tentu saja, ia hapal dengan dandanan Rye yang semarak dengan pakaian girly, make up tipis, dan tentu saja high heelsnya berbeda seratus 360 derajat dari dirinya. Rye mendekati Zya dan meminta maaf atas keterlambatannya. Zya maklum, ini sudah keseribu kalinya Rye terlambat. Padahal Ryelah yang meminta dirinya datang. Ia juga sudah tahu, pasti kali ini Rye punya masalah. Yah. Zya juga hapal dengan tabiat sahabatnya ini. Beberapa detik lagi, pasti Rye akan memuntahkan segala permasalahannya. Sebagai seorang sahabat, Zya adalah seorang pendengar yang baik walau kadang ia tidak bisa memberi solusi apapun.

"Zya! Aku ingin putus saja dari Zyco. Tampaknya tak ada kecocokan lagi di antara kami, bla bla bla bla," Dan mengalirlah muntahan lahar kalimat dari mulut Rye. Kali ini, seperti biasa lagi, Zya hanya mendengarkan Rye sambil sesekali menggeleng dan menganggukkan kepala. Kali ini, masalahnya adalah ketidakcocokan. Hmmm. Bukannya, memang sejatinya manusia itu diciptakan berbeda-beda dan tak akan pernah sama? Bisa dipastikan sedekat apapun atau se-klop apapun, pasti ada ketidakcocokan dalam hubungan apapun itu. Baik dari hubungan cinta, hubungan pertemanan, bahkan hubungan kekerabatan. Intinya bukanlah mencari seseorang yang cocok dan selalu sama dengan kita. Seratus persen, kita tidak akan pernah menemuinya walau dicari ke ujung dunia sekalipun. Jadi, janganlah mencari persamaan, namun satukanlah dan hormatilah perbedaan. Itu solusinya!

0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang