Wednesday 6 April 2016

Kriteria

Ada mitos yang mengatakan bahwa perempuan tidak usah berpendidikan tinggi karena semakin tinggi pendidikan seorang perempuan, semakin tinggi juga kriteria calon suaminya; mapan, kaya, ganteng, dan berpendidikan setara. Semakin tinggi pendidikan seorang perempuan, semakin ia dianggap cenderung egois dan mendominasi dalam rumah tangga. Well! Mitos ini sungguh meresahkan masyarakat, khususnya perempuan berpendidikan tinggi dan juga para laki-laki yang memiliki 'calon istri' yang berpendidikan tinggi.

Bagi saya, memang benar jika semakin tinggi pendidikan seorang perempuan, maka semakin tinggi juga kriterianya. Hanya saja, bukan lagi kriteria yang sebatas mapan, kaya, ganteng, dan berpendidikan setara. Bagi saya, kriteria tinggi yang dimaksud adalah kematangan pola pikir, komunikasi, dan kemandirian. Yaps... tiga kriteria calon pasangan tersebut lebih penting daripada hanya ganteng atau berpendidikan tinggi tapi kolot atau kaya tapi kaya dari harta orang tua hingga tidak bisa lepas dari ketek orang tua.

Zaman semakin maju, kehidupan berubah, begitu juga dengan pola pikir perempuan yang diberi kesempatan memiliki pendidikan lebih. Saya sendiri bukanlah feminis radikal yang menganggap rumah tangga adalah penjara bagi kebebasan perempuan, tetapi saya juga bukan tipe perempuan konservatif yang mau tunduk di bawah dominasi laki-laki. Daripada saling mendominasi, lebih baik saling berdiskusi. Yap... bagi saya rumah tangga adalah lahan kerjasama antara laki-laki dan perempuan untuk berjuang meraih masa depan yang lebih baik, untuk mendidik generasi masa mendatang, dan untuk menghabiskan sisa waktu tinggal di dunia fana. Tak ada salahnya suami mengerjakan pekerjaan domestik dan tak ada salahnya juga si istri diajak berdiskusi seputar masalah pekerjaan. Jadi, diskusi lebih baik daripada meributkan siapa yang mendominasi kan? Don't worry be happy! Perempuan berpendidikan tinggi itu nggak ganas kok. Paling terlalu berpikir kritis dan kadang keceplosan membicarakan hal-hal yang tidak demengerti pasangan. Haha. Harap maklum aja.

0 komentar:

Post a Comment

 

Sate Padang Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang